GuidePedia

728x90 AdSpace

Latest News

Saturday, January 3, 2015

Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya - Sembung atau Blumea balsamifera adalah tanaman liar yang tingginya bisa mencapai lebih dari 3 m. Daunnya yang lebar, lonjong berujung lancip itu berbulu putih di bagian bawah dan tepinya bergerigi. Kalau daunnya dimemarkan akan mengeluarkan bau seperti kamper. Bunganya bergerombol pada ujung batang dan berwarna kuning.

Suku: Asteraceae

Kandungan & Manfaat: Mengandung minyak atsiri, antara lain sineol dan borneol, selain itu juga kamper dan zat samak (tanin). Karena mengandung flavanol, ia juga berkhasiat antiradang. Sembung melancarkan peredaran darah, menghambat pertumbuhan kuman, mempermudah pengeluaran keringat dan air seni, mengencerkan dahak, menghangatkan.

Khasiat Tanaman Sembung Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya


manfaat khasiat tanaman sembung kesehatan cara mengolah pengolahan

Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya


Kegunaan Dan Cara Pengolahan Sembung Untuk Kesehatan:


  1. Menghilangkan Bengkak Di Kaki Dan Tangan Akibat Peredaran Darah Tidak Lancar (Karena Denyut Jantung Lambat) Secara Alami:

    3-5 helai daun sembung atau segenggam penuh  pucuk daun sembung dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring, minum 1 atau 2x sehari selama seminggu atau lebih.
     /
  2. Menyembuhkan Flu Secara Alami:

    Cara I: 3 helai daun sembung dan segenggam daun ketepeng dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Cukup untuk diminum 2x sehari selama beberapa hari.
    Cara II: 3 helai daun sembung, segenggam daun sembukan dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Cukup untuk diminum 2x sehari selama beberapa hari. Ramuan ini juga bisa dipakai mengobati perut mulas.
    / 
  3. Menyembuhkan Rematik, Pegal, Linu Secara Alami:

    5 helai daun sembung dicuci, dilumatkan bersama 1/4 sendok teh kapur sirih. Ditempelkan sebagai tapal ke sendi-sendi yang bengkak atau bagian tubuh yang pegal/linu.
    /
  4. Mengobati Perut Kembung Karena Gangguan Empedu Secara Alami:

    3 helai daun sembung atau segenggam pucuknya dicuci. Dilumatkan lalu diseduh dengan segelas air. Setelah suam-suam kuku disaring. Airnya diminum.
    /
  5. Menyembuhkan Kolik Karena Gangguan Batu Empedu Secara Alami:

    3 helai daun sembung dicuci bersih, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum saat menderita kolik.
    /
  6. Melegakan Tenggorokan Secara Alami:

    2 helai daun sembung dicuci, dilumatkan dengan asam kawak seruas kelingking dan sedikit garam. Beri 1/2 gelas air, aduk dan peras dengan kain. Diminum sebelum sarapan.
     /
  7. Menyembuhkan Demam Secara Alami:

    Cara I: Didihkan air bersama sejumlah daun sembung yang sudah dicuci. Air rebusan daun sembung dalam keadaan suam-suam kuku dipakai untuk berendam sebentar. Juga baik untuk dipakai mencuci tangan dan kaki setelah menginjak/memegang sesuatu yang kotor atau di tempat banyak orang menderita demam.
    Cara II: Cuci 10 helai daun sembung, 10 helai daun sirih, 3 tapak liman beserta akarnya, segenggam daun beluntas dan sepotong lengkuas yang diiris-iris. Rebus semuanya dengan banyak air. Gunakan air rebusan ini untuk mandi.
    /
Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya
  • Title : Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya
  • Posted by :
  • Date : 7:18 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Top