GuidePedia

728x90 AdSpace

Latest News

Saturday, January 3, 2015

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya - Temulawak atau Curcuma xanthorizza adalah tanaman yang tingginya bisa mencapai 2,5 m. Temulawak banyak ditemukan di hutan-hutan tropis. Daunnya berwarna hijau tua, bergaris coklat. Bunganya berwarna kuning dan bergerombol. Rimpang temulawak yang beraroma khas sudah lama dipakai sebagai obat. Sepintas temulawak mirip kunyit namun lebih besar.

Suku: Zingiberaceae

Kandungan & Manfaat: Rimpang temulawak mengandung banyak minyak atsiri, diantaranya zat kurkumin. Minyak atsiri ini bersifat antibakteri (merangsang keluarnya produksi empedu), menurunkan kadar kolesterol, menghilangkan nyeri, antiradang dan menurunkan panas. Selain itu, juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lever dan melancarkan air seni.

Khasiat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Cara Pengolahannya


khasiat temulawak manfaat kesehatan cara mengolah pengolahan

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya


Kegunaan Dan Cara Pengolahan Temulawak Untuk Kesehatan:


  1. Menyembuhkan Hepatitis Secara Alami:

    2 jari temulawak dicuci, dikupas, diiris lalu direbus dengan 0,5 L air dan sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini utnuk diminum 2x sehari.
     /
  2. Menyembuhkan Batu Empedu Secara Alami:

    Resepnya sama dengan no. 1 tapi ditambah dengan 4 batang meniran.
    /
  3. Menyembuhkan Sakit Maag Secara Alami: 

    1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris halus. Rebus dengan 0,5 L air sampai airnya tinggal setengah. Minum selagi hangat-hangat.
    /
  4. Menyembuhkan Penyakit Ginjal Secara Alami:

    1 rimpang temulawak dicuci, dikupas. Rebus dengan 4 gelas air bersama segenggam daun kumis kucing, segenggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
    /
  5. Menyembuhkan Asma Secara Alami:

    1,5 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris , direbus dengan 5 gelas air bersama sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
    /
  6. Menyembuhkan Bisul Secara Alami:

    5 iris temulawak yang sudah dikupas, lalu direbus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren. Setelah diangkat dari api, masukkan seibu jari asam jawa. Setelah agak dingin, disaring, diminum sekaligus.
    /
  7. Menyembuhkan Kolesterol Secara Alami:

    1 rimpang temulawak yang sudah dikeringkan, ditumbuk sampai halus lalu diseduh dengan air. Setelah agak dingin, disaring, diminum langsung.
    /
  8. Menyembuhkan Eksem Secara Alami:

    7 iris temulawak yang sudah dicuci dan dikupas, 1 ruas asam jawa, sedikit gula aren direbus dengan 1/2 gelas air. Setelah agak dingin, disaring. Diminum sekaligus.
    /
  9. Menambah Nafsu Makan Secara Alami:

    2 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diiris. Rebus dengan 2 gelas air bersama 1/4 lengkuas, 1/2 genggam daun meniran sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
    /
  10. Menghilangkan Bau Badan Secara Alami:

    5 iris temulawak dicuci, direbus dengan 1/2 gelas air selama 15 menit. Airnya diminum 1x sehari, sekaligus.
    /
  11. Menyembuhkan Sembelit Secara Alami:

    1 rimpang temulawak dicuci, diparut lalu diperas. Air perasan itu diberi sedikit asam jawa dan gula aren. Diaduk, disaring, diminum 1x sehari.
    /
  12. Memperbanyak ASI Secara Alami:

    Parut 1 rimpang temulawak yang sudah dicuci, lalu campurkan dengan sedikit tepung kanji dan sedikit air panas. Aduk. Minum ramuan ini 2x sehari.
    /
  13. Menyembuhkan Sariawan Secara Alami:

    1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diiris. Rebus dengan 2 gelas air bersama 1 buah asam, sedikit gula aren sampai airnya tinggal setengah. Angkat dari api. Masukkan 1 mata asam. Aduk, saring. Diminum 2x sehari.
    /
  14. Menghilangkan Nyeri Haid Secara Alami:

    1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, dan diiris. Beri sedikit gula aren dan rebus dengan 1 gelas air. Angkat dari api. Masukkan sedikit asam kawak. Aduk, saring. Diminum sekaligus, 1x sehari.
    /
  15. Menyembuhkan Batuk Secara Alami:

    1 rimpang temulawak dicuci, dikupas, diparut sambil diberi 1 gelas air matang. Peras, beri sesendok teh madu dan air perasan jeruk nipis. Minum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
    /
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya
  • Title : Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya
  • Posted by :
  • Date : 10:30 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Top